* Perkembangan bisnis musik di Indonesia dewasa ini sangat menggembirakan, ini bisa kita lihat hampir setiap hari di beberapa stasiun TV yang tidak pernah berhenti memberikan hiburan pada pemirsanya terutama Band. Dari sisi finansial, para artis-nya pun sekarang bisa mendapatkan kompensansi yang pantas atau boleh dibilang bagus.

 * Dengan kondisi seperti tersebut di atas tentunya akan memberi dampak yang positip/memberi motivasi remaja lainnya untuk terjun di bidang itu. Untuk mencapai apa yang mereka inginkan tentu dibutuhkan latihan yang tekun dan rajin. Salah satu sarana yang dibutuhkan adalah "Studio Latihan Band".

 * Supaya bisnis studio ini bisa diterima oleh mereka, tentunya fasilitas yang kita buat harus bisa dipertanggungjawabkan. Berikut saya mencoba merangkumnya dari berbagai sumber dan dari pengalaman sendiri. Beberapa faktor pendukung untuk usaha "Studio Latihan Band" yang kira-kira harus kita pertimbangkan:
1. SDM
Fungsi SDM di bidang ini merupakan salah satu faktor yang utama, usahakan memilih orang yang tepat di bidangnya supaya dana yang sudah anda investasi-kan tidak sia-sia.
2. Lokasi
Pemilihan lokasi harus kita sesuaikan dengan segmen pasar kita, kalau yang kita tuju adalah kelas pemula/bukan profesional sebaiknya untuk lokasi jangan dipilih yang terlalu mewah. Karena di kemudian hari pemasukan yang kita peroleh tidak seimbang dengan sewa lokasi yang harus kita keluarkan.
3. Peralatan
Pemilihan alat juga demikian, harus sesuai dengan segmen yang kita tuju. Tidak perlu semuanya harus baru/brand new, usahakan cari barang yang bekas tapi berkwalitas. Hal ini untuk menekan modal yang harus kita keluarkan tanpa harus mengorbankan pelayanan pada konsumen.
4. Pelayanan
Pelayanan pada konsumen juga harus diutamakan, mulai dari awal mereka datang sampai dengan  mereka selesai latihan, Kepuasan/kenyamanan mereka bermain/latihan merupakan "selling point" buat kita.
5. Administrasi
Peran administrasi di bidang usaha apapun sangat penting, terutama yang menyangkut keuangan. Tanpa administrasi yang tertib kita tidak pernah tahu apakah usaha kita untung atau rugi.
Label: | edit post