* Pengertian "CARTRIDGE" di sini adalah: sebuah sarana penyimpanan data, sama persis fungsinya dengan "Flash-Disk" yang sudah kita kenal secara umum.

*Secara garis besar perbedaannya adalah pada kapasitas-nya. Sering juga disebut media atau bisa juga external-disk. Salah satu jenis yang sering digunakan untuk media penyimpanan di AS/400 adalah seperti berikut di bawah ini :

-Jenis          : Catridge
-Merek        : IBM
-Type          : Ultrium3
-Kapasitas  : 400 GB
Label: | edit post
* Untuk ber-interaksi dengan komputer, kita butuh media secara visual. Demikian juga dengan AS/400, biasanya disebut "Terminal" atau "Display Station"

* Secara umum tampilannya mirip dengan monitor di Desktop, Laptop dll. Yang membedakan adalah tampilan grafis-nya, tidak menarik seperti yang ada di Desktop, Laptop dll. Komposisi warnanya terbatas, pada umumnya terdiri dari 2 atau 3 warna. Sebagai contoh bisa dilihat pada image di sebelah kiri.


* Untuk terminal utama biasa disebut "Console".
Label: | edit post



* Catatan :
Bagan di atas hanya sekedar  ilustrasi umum saja, bahwa dewasa ini pada umumnya sebuah sytem T/I dilengkapi dengan pembuatan sebuah jaringan. Agar akses antar seluruh lokasi terkait bisa terwujud. Terutama apabila kondisi yang diperlukan adalah  "On-Line". 

Keterangan :
- Fungsi AS/400 selain sebagai Central Processing Unit juga sebagai host/server.
- Untuk koneksi ke cabang, menggunakan "Leased-Line", biasanya sewa pada pihak perusahaan telekomunikasi, sedangkan untuk internal kantor pusat (bagian lain) menggunakan "Internal-Line".
Label: | edit post







** Beberapa image di atas sekedar menunjukkan tampilan dari kabel UTP (Unshielded-Twisted-Pair), sebuah jenis kabel yang akhir-akhir ini banyak digunakan untuk jaringan komputer. Untuk lebih jelasnya silahkan klik di SINI atau di SINI
* Alat ini fungsinya sebagai router,  digunakan untuk mengatur distribusi suatu jaringan dari suatu titik ke titik lainnya.
* "Klik" di Sini untuk mengenal lebih jauh mengenai "Cisco"
Label: | edit post