Membuat tampilan Blogspot seperti 'Wordpress'

06/09/22 ·

* Mungkin  anda pernah melihat sebuah blog yang dibuat di "Wordpress". Penampilannya secara umum memang ada perbedaan dengan template Blogspot. Tadinya saya pikir hal ini sudah menjadi ciri khas masing-masing, sampai suatu saat......ada rekan yang ingin dibuatkan sebuah "Company Profile".

* Dengan berbagai pertimbangan......., sebuah company profile idealnya saya buat dengan gaya Wordpress. Masalahnya adalah... saya belum bisa membuat blog di Wordpress.. Iseng-iseng saya coba cari ke berbagai situs galeri template, ada nggak ya.......template blogspot yang tampilannya seperti Wordpres.

* Akhirnya.....di sebuah situs yang namanya www.allblogtools.com, saya temukan yang saya cari, anda bisa lihat di sini. Tahap selanjutnya adalah melakukan percobaan, walaupun tidak se-sederhana kalau kita menggunakan template blogspot.

Yang saya lakukan adalah sbb:
A. Persiapan
-Siapkan 2 window; untuk Blogger dan Allblogtools, juga siapkan "note-pad"

B. Tahap Pengerjaan
1
. Di window Blogger: buat Blog dengan template standard
2. Di window Allblogtools:-Download template yang diinginkan.(saya pilih yang ini)
-Ecstrat file xml-nya
3.Di window Blogger:Klik menu EditHtml, Browse, Upload
4.Di Note-pad:buat rancangan menu berikut sub-menu nya. Setiap sub berisi satu link.
5.Di window Blogger:-Edit HTML, cari code dengan kata kunci "home" (gunakan "Ctrl+F"), ganti url dan judul yang sudah ada dengan data yang sudah kita siapkan di "Note-pad". Lalu klik Save.

Hasilnya seperti ini. Cara yang sama saya lakukan untu Blog lain, hanya template-nya saya ambil dari www.btemplates.com, hasilnya seperti ini. Bagaimana menurut anda? Ada komentar?

0 Comments: