'Paperless System' adalah.....

22/09/22 ·


* Image atau shorcut di samping kiri artikel ini mungkin sedikit ekstrim. Tetapi kalau kita mau jujur... dari waktu ke waktu, hari ke hari ....laporan atau apapun yang secara fisik berupa kertas akan  semakin menumpuk,  mau tidak mau memerlukan suatu perhatian khusus. Terutama untuk "filing"/dokumentasi"-nya, kalau hal ini kita konversi-kan ke angka, tentunya bisa merupakan beban atau biaya bagi perusahaan yang tidak sedikit.

* Dari beberapa sumber yang saya pelajari, ada suatu solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Sebuah system yang disebut "Paper-less", yaitu sebuah sistim khususnya untuk perkantoran dimana semua filing atau dokumentasi atau pengiriman data tanpa menggunakan kertas.

* Untuk menuju ke sistim ini secara prinsip bisa diterapkan di kantor kita, karena fasilitas atau sarana yang anda sudah menjunjang. Secara umum, hal-hal yang harus dipersiapkan untuk menjalankan sistim tsb adalah :
1. Kemauan dari para pelaku untuk tahap demi tahap merubah kebiasaan dari sistim yang lama ke sistim yang baru. Baik dari pihak perusahaan maupun karyawan.
2. Biaya dari pihak perusahaan tentunya, apabila ada suatu peralatan yang harus dibeli, sedangkan sarana yang harus disediakan secara umum sbb :
a. Jaringan, bisa internet (Public Line) atau bisa juga intranet (Private Line) dan sarana pendukungnya.
b. Peralatan standard : PC, Scanner dll.......

* Apabila dari pihak perusahaan ada niat untuk ke sistim ini, tentunya harus diadakan suatu pertemuan khusus untuk membahasnya.

0 Comments: