Tahapan ber-internet..........

21/12/22 ·

* Sebetulnya hal ini bukan hal yang baru, bagi yang sudah paham tentunya. Tetapi ternyata masih banyak juga di luar kita yang masih belum mengenal apalagi memahaminya, terutama teman-teman sebaya saya, tanpa memandang status sosial dan latar belakang akademis. Sekedar cerita nyata nih ; saya pernah diminta oleh seorang dosen untuk memberi les privat bagaimana caranya ber-internet.

* Tahapan secara umum kurang lebih sebagai berikut :
1. Hubungkan komputer yang kita pakai dengan internet. Bagaimana caranya?
a. Untuk Komputer Pribadi/rumah/desktop  bisa berlangganan ke penyedia jasa ini.
b. Untuk laptop bisa ke area yang tersedia Hot-Spot, ada yang gratis ada pula yang bayar.
c. Yang paling praktis adalah menggunakan jasa "Warnet"
2. Dari sisi teknis/hardware sudah terhubung, untuk berkomunikasi di internet harus ada software-nya. Biasa di sebut Browser, contoh : Internet-Explorer, Mozilla-Firefox, Google-Chrome, Opera dll. Pada umumnya pada saat ini yang banyak dipakai adalah Mozilla-Firefox. Contoh tampilannya seperti ini :

3. Untuk lebih spesifik lagi mencari topik sebuah situs kita bisa gunakan beberapa "Search-Engine", ada Google, Yahoo, Bing dll. Masing-masing menwarkan keunggulan tersendiri.
4. Supaya kita bisa aktif ber-komunikasi dengan pihak lain, mau tidak mau harus membuat E-mail. Bisa bikin di Yahoo, Gmail, Plasa  dan mungkin situs penyedia lainnya.

0 Comments: